Pentingnya Konservasi Air

Air merupakan elemen paling melimpah di atas bumi  yang meliputi 70% permukaan dengan jumlah sekitar 1,4 ribu juta kilometer kubik. Namun hanya sekitar 0,003% yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-sehari. Sebagian besar air, sekitar 97%, ada di samudera  dan kadar garamnya terlalu tinggi untuk kebanyakan keperluan. 3% sisanya, sekitar 87%, tersimpan dalam lapisan kutub atau sangat dalam di bawah tanah. 

Potensi ketersediaan air bersih di Indonesia dari tahun ke tahun cenderung berkurang akibat rusaknya daerah tangkapan air dan pencemaran lingkungan yang diperkirakan sebesar 15–35% per kapita per tahun. United States Agency for International Development (USAID)  dalam laporannya (2007) menyebutkan penelitian di berbagai kota di Indonesia menunjukkan hampir 100% sumber air minum kita tercemar oleh bakteri E Coli dan Coliform.

Di Indonesia pada 2007 tercatat sekitar 13 ribu industri besar dan menengah yang berpotensi mencemari air permukaan dan air tanah. Jumlah ini meningkat sekitar 29% dibanding dengan keadaan pada tahun 2004. Sedangkan untuk industri kecil ada sekitar 94 ribu industri yang berpotensi mencemari air permukaan dan air tanah pada tahun 2007. Jumlah ini menurun sekitar 13 % dibandingkan dengan keadaan pada tahun 2005.

Selain dari industri, penggunaan pupuk dan insektisida di sektor pertanian dan perkebunan juga berpotensi mencemari air terutama air permukaan. Pada tahun 2006 penggunaan pupuk anorganik dan pestisida meningkat lima kali lipat dibandingkan dengan penggunaan tahun 2004. Sumber pencemaran lainnya adalah limbah dari rumah tangga. Di Indonesia pada tahun 2007 terdapat sekitar 23% rumah tangga yang tidak mempunyai fasilitas tempat buang air besar.

Dengan kondisi tersebut, diperlukan kerjasama semua pihak untuk memelihara dan menjaga sumber air yang ada di bumi ini. Baik industri maupun individu yang dalam keseharian memanfaatkan air untuk pelbagai aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pelan tapi pasti, Program PNPM LMP dilaksnakan untuk membantu menjawab dengan merealisasikan program-program konservasi dan rehabilitasi, Income Generating Activity dan Renewable Energy,yang salah satunya adalah  untuk menjaga konservasi air.GO Green.

Diteruskan oleh : Handhaka W

dari Berita Obrolanlangsat.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: