Bersama SKPD untuk keberlanjutan Program PNPM LMP di Provinsi Bengkulu

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Lingkungan Mandiri Perdesaan (PNPM-LMP) di Sumatera dicanangkan Pemerintah Indonesia sejak Tahun 2010. PNPM-LMP berupaya agar aspek lingkungan hidup, sumber daya alam (SDA) dan energi terbarukan menjadi bagian integral dari aktivitas pembangunan masyarakat di Perdesaan. Yayasan Ulayat merupakan lembaga non pemerintah di Provinsi Bengkulu yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat dan

pengelolaan sumber daya alam. Yayasan Ulayat sebagai mitra lokal CSO (Civil Society Organization) WCS serta sebagai mitra Kementerian Pemberdayaan Masyarakat Desa  dan Konsultan PNPM LMP Provinsi Bengkulu di wilayah Pilot Project PNPM LMP yaitu, Kab. Bengkulu Utara, Kab. Lebong, Kab. Bengkulu Selatan dan Kab. Kaur. CSO WCS dan Yayasan Ulayat Bengkulu berperan juga dalam memfasilitasi pelatihan-pelatihan untuk para pelaku serta pertemuan-pertemuan koordinasi di tingkat Kabupaten dengan para SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait disamping itu yang paling utama adalah peningkatan kapasitas masyarakat dalam penyadartahuan lingkungan/SDA. Dalam rangka perbaikan kedepan dalam sosialiasi dan koordinasi mengenai peran dan fungsi PNPM LMP, CSO Provinsi Bengkulu telah melaksanakan “Pertemuan Koordinasi Forum SKPD tingkat Kabupaten” di masing-masing lokasi Pilot Project PNPM LMP di Provinsi Bengkulu” . Di Kab.Bengkulu Utara dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2011; Di Kab. Lebong, 21 Juli 2011; Kab. Kaur, 28 Juli 2011 dan di Kabupaten Bengkulu Selatan pada tanggal 8 Agustus 2011. Dari hasil tersebut diharapkan adanya bimbingan dari para SKPD pada kegiatan PNPM LMP sehingga kegiatan tersebut tepat sasaran, adanya keberlanjutan, bermanfaat bagi kelestarian lingkungan dan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat desa, khususnya rumah tangga miskin serta tidak adanya tumpang tindih program. Para SKPD yang terkait dengan kegiatan PNPM LMP adalah BAPPEDA, Kantor Lingkungan Hidup, Kantor ESDM (Energi Sumber Daya Alam & Mineral, Dinas Kehutanan & Perkebunan, Dinas Pertanian, Perikanan & Kelautan, Dinas Pekerjaan Umum & Kebersihan, dan BPMD Kabupaten sendiri sebagai Satker pembina PNPM MPd-LMP, dll.

Sejauh ini dukungan SKPD sudah cukup baik dalam mendukung Program PNPM LMP di Bengkulu, khususnya SKPD di Kabupaten Lebong dalam mendukung kegiatan Kolam ikan air deras oleh Balai Benih Ikan/Dinas Perikanan dan Kegiatan Pengeloaan Sampah oleh Dinas Kebersihan serta adanya bantuan bibit trembesi ± 1500 Bibit dari Departemen Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebong dan juga BAPPEDA Kabupaten Lebong yang mendukung para SKPD untuk ikut serta membina PNPM LMP. Sudah tentu, SKPD   dalam Program PNPM LMP adalah juga menjadi Tim Verifikasi untuk mengeluarkan rekomendasi layak atau tidak layaknya usulan kegiatan usulan masyarakat.

Selain Bimbingan dari SKPD mengenai kegiatan adalah kapasitas Tim pemelihara/pengelola sarana, adanya dana pengembangan, dan AD ART serta Perdes. Tim pemelihara/pengelola sarana harus mempunyai kapasitas dalam memelihara kegiatan sehingga kegiatan yang sudah didanai oleh BLM PNPM LMP dapat berlanjut dan bermanfaat bagi masyarakat desa seluruhnya serta bagi kelestarian lingkungan sekitar. Hal tersebut pula harus didukung oleh adanya dana pengembangan serta AD ART dan Perdes.

Dengan adanya hal tersebut di atas, maka kegiatan yang telah terealisasi diharapkan dapat berlanjut bagi masyarakat desa pada khususnya  kelestarian alam/lingkungan sekitar desa.

“Selamatkan Lingkungan Hidup , Selamatkan Hutan Alami, Selamatkan Air : Demi Anak Cucu Kita. Jangan Kita Berikan Air Mata, Tapi Berikan Mereka Mata Air”

@Handhaka W (SPL PNPM LMP Prov. Bengkulu)

2 responses to this post.

  1. Mantap Pak SPL …… Lanjutkan

    Reply

  2. “Selamatkan Lingkungan Hidup , Selamatkan Hutan Alami, Selamatkan Air : Demi Anak Cucu Kita. Jangan Kita Berikan Air Mata, Tapi Berikan Mereka Mata Air”

    Hariadi menyukai ini!!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: